Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 2609/D/T/2001, tanggal 6 Agustus 2001 menjadi dasar berdirinya Program Studi Magister Akuntansi sebagai Program Studi di bawah Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Tujuan pendirian Program Studi Magister Akuntansi adalah mengisi kebutuhan pasar tenaga kerja terhadap tenaga magister yang profesional dan accountable di bidang Akuntansi. Hal ini seiring dengan kebutuhan dari intitusi-intitusi dimana para mahasiswa Program Studi Magister Akuntansi bekerja.

Pada tahun 2005, Program Studi Magister Akuntansi memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Departemen Pendidikan Nasional, Republik Indonesia dengan peringkat “C” berdasarkan Sertifikat Akreditasi dengan nomor: 00499/Ak-IV/S2-005/UTCAKT/V/2005, tanggal 20 Mei 2005 yang berlaku selama 3 (tiga) tahun sejak tanggal ditetapkan. Peringkat akreditasi “B” diperoleh di tahun 2009, ketika Program Studi Magister Akuntansi mengajukan permohonan reakreditasi, berdasarkan surat keputusan 016/BAN-PT/Ak-VII/S2/XII/2009 tanggal 13 November tahun 2008. Pada tahun 2015 tepatnya pada tanggal 21 Februari 2015, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi mengeluarkan kembali predikat akreditasi ”B” untuk Program Studi Magister Akuntansi FEB Universitas Trisakti dengan surat keputusan 056/SK/BAN-PT/Akred-M/II/2015.

Program Studi Magister Akuntansi secara konsisten memperoleh perpanjangan izin penyelenggaraan pendidikan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak awal berdiri hingga kini. Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 1371/D/T/K-III/2009, tanggal 10 Maret 2009, Program Studi Magister Akuntansi telah memperoleh perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi. Pemberian perpanjangan izin ini memperlihatkan kepercayaan para pemangku kepentingan terhadap keberadaan dan kebermanfaatan program ini bagi upaya mencerdaskan anak bangsa.

Program Studi Magister Akuntansi menjalain kerjasama dari berbagai lembaga. Mulai tahun 2006 sampai dengan sekarang, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) memberikan kepercayaan kepada Program Studi untuk memberikan pendidikan kepada karyawannya dengan beasiswa dari Kemenhub. Selanjutnya, pada tahun 2012 terjalin kerjasama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang percaya kepada Program Studi untuk memberikan pendidikan kepada karyawannya dan pada tanggal 4 Februari 2014, Lemhanas RI juga mempercayakan kepada Program Studi untuk memberikan pendidikan kepada karyawannya. Terakhir pada tahun 2015 terjalin kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik (LSP-AF) sebagai Tempat Uji Kompetensi serta penyesuaian kurikulum sehingga terdapat 2 mata kuliah di sub konsentrasi Auditor Forensik yang diakui setara dengan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Auditor Forensik. Kredibilitas Program Studi juga tercermin dari pengakuan dari dunia kerja terhadap kompetensi lulusan terlihat dari prestasi kinerja lulusan di berbagai institusi swasta dan pemerintah, diantaranya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten, Bank Mandiri, Bank BNI 46, Bank Panin, PT. Pertamina, PT. Wijaya Karya, Angkasa Pura II, PLN dan Astra Internasional Group.