Tentang AFSL

Tentang AFSL

 

Ringkasan Kegiatan

Kompetisi ASEAN Future Sustainable Leaders – 2023 (A-FSL 2023) adalah sebuah kompetisi video online dimana kelompok pelajar dari sekolah dan perguruan tinggi, atau Junior dan Senior, akan berkompetisi dalam kategorinya masing-masing untuk menyampaikan ide yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Dalam kompetisi ini, para peserta akan menyampaikan gagasan mereka tentang isu-isu multidisiplin yang terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). A-FSL 2023 merupakan produk kolaborasi antaraPanitia Nasional A-FSL Indonesia dari berbagai universitas dan ASEAN Accounting Education Workgroup (AAEW), dan akan dipimpin oleh yang pertama. Anggaran diperkirakan sebesar Rp 85,5 Juta.

Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua tahap, nasional dan regional. Kompetisi nasional akan diadakan sepanjang Juli 2023 hingga Oktober 2023 dengan dua perwakilan dari kategori Junior dan Senior melanjutkan ke regional. Regional tiga hari akan dimulai dari 31 Oktober 2023, di mana akan ada penekanan yang lebih tinggi pada keterlibatan antara berbagai bangsa dalam berjuang menuju tujuan bersama.Kompetisi, acara penghargaan, dan pemenang semua akan dipromosikan melalui berbagai publikasi media, yang akan memberikan kesempatan untuk paparan nasional dan daerah bagi para peserta dan sekolah dan universitas masing-masing.

Kompetisi A-FSL 2023 bertujuan untuk melatih dan mengembangkan para pemimpin muda Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations/ASEAN) dalam berperan membawa dampak positif bagi masyarakat.Sekolah dan universitas akan mendapat manfaat dari berpartisipasi dalam A-FSL dengan kesempatan untuk menampilkan diri mereka sebagai lembaga pendidikan terkemuka yang menghasilkan profesional muda siap kerja dengan keterampilan mutakhir.Kompetisi ini juga menjadi katalisator keterlibatan negara-negara ASEAN dalam memberikan pengalaman pendidikan yang berkualitas kepada siswa kami.Kesimpulannya, A-FSL 2023 akan membantu menghasilkan generasi pemimpin berikutnya dengan keterampilan dan pengalaman untuk mulai menghasilkan solusi kreatif untuk masalah dunia nyata.

 

Latar belakang

A-FSL 2023 adalah usaha untuk memberdayakan kaum muda di seluruh wilayah ASEAN baik di tingkat sekolah maupun universitas, untuk bersaing di lingkungan pendidikan. Tahun ini, kompetisi akan fokus pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang ditetapkan oleh PBB pada tahun 2015. A-FSL 2023 juga akan menerapkan sistem pertukaran mobilitas yang inovatif di tingkat regional untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi para peserta. Selain kompetisi, juga akan diadakan lokakarya dan kegiatan untuk memupuk semangat kebersamaan di antara para peserta regional, dan menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan rencana bisnis yang berdampak.

Tagline = Hidup dengan Keberlanjutan dan Inklusivitas 

 

Tujuan

A-FSL diselenggarakan berdasarkan tujuan berikut:

  • Untuk membentuk jaringan kerjasama nasional dan regional di masa depan yang akan terus mengembangkan platform untuk mengambil tindakan untuk SDGs.
  • Untuk menantang dan menanamkan semangat daya saing di antara para peserta dalam memimpin tuntutan menuju perubahan yang berkelanjutan dan berdampak pada masyarakat.
  • Untuk memberikan pengalaman belajar yang mendorong peserta untuk menghargai berbagai perspektif budaya dan komunitas yang berbeda.

 

Hasil Kegiatan

  • Kontestan dan panitia penyelenggara akan menghasilkan produk atau layanan yang berkontribusi terhadap SDGs.
  • Para kontestan akan dapat mengembangkan, menyempurnakan, dan meningkatkan kekokohan ide yang diberikan untuk memaksimalkan dampaknya pada masyarakat.
  • Kontestan akan dapat memanfaatkan perbedaan latar belakang budaya dan pendidikan untuk menciptakan nada yang lebih kuat.

 

Detail Acara

Kontestan harus mengusulkan Proyek Pembangunan Berkelanjutan yang memiliki nilai dampak sosial yang tinggi berdasarkan SDGs.

Jenis kompetisi         : Kelompok beranggotakan 4 orang

Kategori                        : Pelajar SMP – SMA – Senior – Siswa pendidikan tinggi.

Durasi                            : Juli 2023 – November 2023

Level                               : Nasional dan Regional (ASEAN)

 

Webinar tentang SDGs + Peluncuran A-FSL

Tanggal: 22 Juli 2023

Tempat: Zoom

Institusi pendidikan dari semua tingkatan dari kawasan ASEAN akan diundang ke webinar SDGs yang juga akan menjadi acara peluncuran A-FSL 2023.

Dalam webinar ini, perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan memberikan ceramah tentang apa itu SDGs dan signifikansinya bagi kita semua. Pasca webinar, A-FSL 2023 akan diumumkan kepada seluruh peserta, bersamaan dengan pemanggilan kontestan.

 

Kompetisi Tingkat Nasional (Junior+Senior)

Platform: Zoom

Periode: 22 Juli 2023 – 10 Oktober 2023

Negara-negara peserta akan diberikan keleluasaan untuk menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional mereka sendiri kapan saja selama perwakilan dipilih pada tanggal 17 Oktober 2023. Namun, pelaksanaan kompetisi tingkat nasional akan dibakukan. Ini termasuk:

  • Rubrik dan pedoman
  • Aturan dan regulasi
  • Tema pertandingan
  • Jumlah anggota grup
  • Jumlah tim pemenang
  • Jenis kompetisi

Tingkat nasional akan memiliki dua kategori peserta:Junior, yang meliputi siswa dari pendidikan menengah atas dan Senior, yang meliputi siswa dari pendidikan tinggi. Tingkat nasional akan dipisahkan menjadi dua fase.

Fase 1: Pengiriman video

  • Setiap kelompok akan mengirimkan video berdurasi 5 menit, mengusulkan proyek berkelanjutan dalam bentuk produk atau layanan yang membahas isu/pernyataan masalah terkait SDGs.
  • Report maksimal 1000 kata untuk Kategori Junior dan 1500 kata untuk Kategori Senior yang menjelaskan studi kasus yang dipilih dengan solusi yang disarankan.
  • Video dapat dikirimkan melalui Google Form atau email.
  • Pengiriman video kemudian akan dinilai oleh panitia seleksi yang dipilih oleh masing-masing negara penyelenggara.
  • Hanya 5 grup dari masing-masing kategori Junior dan Senior yang akan melanjutkan ke Fase 2.

Fase 2: Wawancara langsung

Tempat: Bali

  • Kontestan akan dihubungi satu minggu sebelum tanggal dan waktu yang dijadwalkan.
  • 10 grup akan mempresentasikan presentasi langsung selama 5 menit untuk menyoroti poin-poin penting dari video mereka kepada juri diikuti dengan sesi tanya jawab selama 15 menit.
  • Setiap kategori akan memiliki tiga juri independen.
    • Panel tersebut akan terdiri dari setidaknya satu pemimpin/ahli industri.
  • Dua grup teratas, juara dan runner-up pertama, dari masing-masing kategori akan lanjut ke regional

 

Pengarahan Tingkat ASEAN untuk Pendaftar

Platform: Zoom

Tanggal perkiraan: 23rd Oktober 2023

Kelompok pemenang dari semua kompetisi tingkat nasional di semua negara peserta akan mengikuti pembekalan bersama panitia A-FSL 2023. Dalam pengarahan ini:

  • Grup baru akan dibentuk.
    • Para kontestan tidak lagi berada dalam grup yang sama dengan tingkat nasional. Sebagai gantinya, grup baru beranggotakan 4 orang dari berbagai negara akan dibentuk.
  • Studi kasus
    • Setiap kelompok akan diberikan pengarahan oleh perwakilan dari industri terpilih dimana studi kasus akan dibagikan.
    • Di akhir pengarahan, kontestan akan memilih studi kasus mana yang mereka minati untuk mengajukan rencana bisnis.
  • Pelatih
    • Setiap negara peserta akan menugaskan seorang pelatih untuk memandu satu grup Junior dan satu grup Senior sebelum kompetisi tingkat regional.
  • Kegiatan
    • Serangkaian kegiatan yang akan diadakan sepanjang bulan November akan diumumkan. Kegiatan akan mencakup seminar dan lokakarya dengan tujuan untuk memupuk semangat kebersamaan di antara anggota kelompok yang baru terbentuk, dan menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan rencana bisnis yang berdampak.

 

Kompetisi Tingkat ASEAN (Junior + Senior)

Kompetisi

 Tempat: Malaysia

Tanggal perkiraan: 31st Oktober 2023

  • Setiap kelompok akan diberi waktu 5 menit untuk mempresentasikan proyek mereka.
  • Video berdurasi 10 menit akan ditampilkan kepada panel juri.
  • Sesi tanya jawab selama 15 menit dengan para juri akan menentukan tiga pemenang teratas A-FSL 2023.

Sesi Budaya

 Tempat: Malaysia

Tanggal perkiraan: 1st November 2023 (Junior + Senior)

Kegiatan sepanjang hari akan disesuaikan untuk membentuk hubungan jangka panjang antara berbagai kelompok. Contoh kegiatan dapat mencakup, namun tidak terbatas pada:

  • Berbagi profil media sosial
  • Pertunjukan budaya unik dari semua negara yang berpartisipasi.
  • Sesi sharing pengalaman mereka selama A-FSL 2023
  • Tayangan slide dengan sorotan A-FSL 2023 akan diputar

Di akhir sesi budaya, akan ada penghargaan tambahan yang akan diumumkan seperti:

  • Video pengantar terbaik
  • Jawaban Terbaik
  • Video paling kreatif, dll.

 

Pedoman Pendaftaran

Kelayakan

Kategori junior: Kompetisi inimembuka untuk siswa sekolah menengah antara usia 16 dan 17 tahun. Siswa dari lembaga pemerintah dan swasta berhak untuk berpartisipasi. Kompetisi ini terbuka untuk siswa lokal saja.

Kategori senior: Kompetisi inimembuka kepada siswa yang lebih tinggipendidikan antara usia 18 dan 25 tahun. Siswa dari lembaga pemerintah dan swasta berhak untuk berpartisipasi. Kompetisi ini terbuka untuk siswa lokal saja.

Peserta harus menggunakan sumber daya mereka sendiri dalam mencari bantuan (misalnya, anggota fakultas, keluarga dan teman, dll.). Menetapkan konsep, mengembangkan presentasi dan video, serta mengelola tim sepenuhnya menjadi tanggung jawab anggota tim.

Tim: Hanya satu tim dari setiap institut yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi. Setiap tim dapat memiliki minimal empat anggota siswa sesuai dengan kategori yang disebutkan. Tim multidisiplin sangat dianjurkan.

 Cara Pendaftaran

Pendaftaran akan dilakukan melalui Formulir Google, di mana mereka harus memberikan dokumen pendukung untuk:

  • Konfirmasi usia dan kebangsaan
  • Konfirmasikan pendaftaran institut saat ini
  • Ringkas konten video mereka 

 

Pedoman Pengiriman Video 

  1. Peserta dapat mengimprovisasi video dan laporan untuk mencerminkan studi kasus yang dipilih dengan ide atau solusi untuk masalah yang dinyatakan
    1. Video yang dikirimkan TIDAK boleh melebihi 5 menit
    2. Video harus diunggah sebagai satu file dalam format berikut:
  • Kualitas minimal 1280 x 720 (HD)
  • Format: mp4
  • Ukuran maksimum 100mb
    1. Semua entri harus dimulai dengan “layar judul” layar penuh 10 detik yang mencakup informasi berikut:
  • Nama sekolah/universitas
  • Nama anggota grup
  • Judul video
  1. Laporan video harus memiliki maksimal 1000 kata untuk Kategori Junior dan 1500 kata untuk Kategori Senior yang menjelaskan studi kasus yang dipilih dengan solusi yang disarankan.
  2. Hanya satu video dan satu pengiriman laporan yang diperbolehkan per tim.
  3. Videonya harusalamat kehidupan dengan isu keberlanjutan dan inklusivitas yang disoroti oleh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dalam bentuk produk, layanan, potensi kebijakan baru, atau penyempurnaan kebijakan saat ini.
  4. Tim yang berpartisipasi dapat menggunakan alat perekam sendiri (handphone atau camcorder)
  5. Video dapat dalam gaya apa pun, seperti dokumenter, sinematografi, vlog, berbasis cerita, berbasis musik, montase, atau gaya bebas.
  6. Pengajuan kompetisi tidak boleh menyertakan dukungan produk atau layanan apa pun, atau konten cabul, kekerasan, rasis, vulgar, atau memfitnah. Video harus berupaproduksi asli.
  7. Seharusnya adatidak ada plagiarisme atau pelanggaran hak cipta yang terlibat. Peserta bertanggung jawab untuk mendapatkan izin terkait yang diperlukan untuk mereproduksi materi apa pun dalam produksinya
  8. Setiap efek suara/klip musik yang digunakan dalam video harus bebas royalti dan kontestan harus mendapatkan izin untuk menyebarkannya/mereka
  9. Bantuan profesional tidak diperbolehkan dalam produksi video.
  10. Segala bentuk biaya yang dikeluarkan selama pembuatan video akan ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Penyelenggara tidak berkewajiban untuk mengganti biaya dalam bentuk apa pun selama tantangan berlangsung.
  11. Pemilihan juri semata-mata akan menjadi kebijaksanaan penyelenggara. Pemilihan finalis dan pemenang bersifat final dan tidak dapat dinegosiasikan
  12. Keputusan dari dewan juri bersifat final dan akan didasarkan pada rubrik berikut:
    1. Membuat ide
    2. Konten Proyek
    3. Kualitas dan Kreativitas
    4. Kejelasan Presentasi
    5. Dampak terhadap Masyarakat (untuk tingkat senior)
  13. Entri dan deskripsi video dapat dikirimkan ke:afslcompetitionid@gmail.com
  14. Pengiriman video harus diberi nama “AFSLC2023_AC_groupname.mp4”
  15. Penyelenggara berhak mengubah atau memodifikasi salah satu ketentuandan kondisi tercantum dalam formulir ini setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya. 

 

Peraturan

  1. Semua tim yang berpartisipasi harus mematuhi persyaratan masuk dan pedoman pengiriman video.
  2. Video harus produksi asli. Seharusnya tidak ada plagiarisme atau pelanggaran hak cipta yang terlibat. Tanggung jawab ada pada peserta untuk mendapatkan izin relevan yang diperlukan untuk mereproduksi materi apa pun dalam produksi mereka.
  3. Peserta memegang semua hak dan hak cipta atas video yang dikirimkan. Namun, setiap entri secara otomatis memberikanizin penyelenggara untuk digunakan, mereproduksi, mencetak ulang, mendistribusikan dan menampilkan video, nama mereka dan informasi yang relevan dari materi yang dikirimkan dan tim yang terlibat untuk tujuan promosi. . Penyelenggara dan juri berhak untuk menghapus setiap entri dari kompetisi yang mereka rasa dapat melanggar salah satu syarat dan ketentuan atau dapat merusak reputasi kompetisi, karena semuakeputusan dibuat oleh penyelenggara bersifat final dan banding tidak akan dilayani. Entri seperti itu akan didiskualifikasi.
  4. Peserta setuju untuk mengganti kerugian penyelenggara jika ada pelanggaran pihak ketiga dan hak kerahasiaan atas konten dan informasi yang disampaikan sebagai bagian dari pengiriman video peserta.
  5. Segala bentuk biaya yang dikeluarkan selama pembuatan video akan ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Penyelenggara tidak berkewajiban untuk mengganti biaya dalam bentuk apa pun selama tantangan berlangsung.
  6. Isidari video harus sesuai dan hormat. Ujaran atau konten yang vulgar dan tidak pantas tidak akan ditoleransi.
  7. Pemilihan juri semata-mata akan menjadi kebijaksanaan penyelenggara.
  8. Pemilihan finalis dan pemenang bersifat final dan tidak dapat dinegosiasikan.
  9. Kegagalan untuk mematuhi aturan dan pedoman kompetisi akan mengakibatkan diskualifikasi. 

 

Pitching

  1. Pitching langsung akan berlangsung pada 31 Oktober 2023.
  2. Sesi ini akan memakan waktu sekitar 15 menit, di mana tim akan mempresentasikan 10 menit live pitching kepada panel juri diikuti dengan sesi tanya jawab.
  3. Pitching langsung harus mencakup pengenalan singkat tentang tim Anda dan garis besar proyek.

TANGGAL ACARA PENTING

Launching Ceremony dan Webinar Lomba Tingkat Nasional 22t Juli 2023
Registrasi Peserta  
Pengiriman Video 22t Juli 2023 – 22t September 2023
Pengumuman Peserta Terpilih 2t Oktober 2023
Sesi Pitching Langsung untuk Peserta Terpilih 9th Oktober 2023- 10th Oktober 2023
Upacara Penghargaan Kompetisi Tingkat Nasional AFSL 2023 10th Oktober 2023
Penyerahan Video Kompetisi Tingkat ASEAN AFSL 2023 23rd Oktober 2023- 30th Oktober 2023
AFSL 2023 Kompetisi Tingkat ASEAN  31st Oktober 2023
Upacara Penghargaan Tingkat ASEAN AFSL 2023 1st November 2023

Highlight AFSL 2023

KOMPETISI NASIONAL

Lomba tingkat nasional akan diadakan oleh masing-masing negara masing-masing untuk mewakili negaranya masing-masing. Setiap negara akan mengirimkan 2 grup finalis untuk mengikuti kompetisi tingkat ASEAN.

KOMPETISI ASEAN

Seluruh pemenang shortlisted dari masing-masing negara, yang terdiri dari satu wakil dari kategori junior dan satu lagi dari kategori senior, akan melanjutkan ke kompetisi tingkat ASEAN untuk bersaing di dua kategori masing-masing.

KEGIATAN

Webinar akan diadakan untuk tujuan peningkatan pengetahuan yang berkaitan dengan tema dan SDG17. Webinar dapat membantu menjawab pertanyaan umum untuk membuat kumpulan informasi yang kaya yang tidak hanya relevan dengan praktik berkelanjutan saat ini tetapi juga untuk kepemimpinan berkelanjutan generasi mendatang. 

 

Penilaian dan Rubrik untuk Tingkat Junior

Video yang dikirimkan akan dinilai berdasarkan:

  1. Membuat ide
  2. Konten proyek
  • Kualitas dan Kreativitas
  1. Kejelasan presentasi
TIDAK Kriteria Tanda Tingkat
Muncul Mengembangkan Canggih
1. Membuat ide 30% 0 – 10 11 – 20 21 – 30
2. Konten Proyek 30% 0 – 10 11 – 20 21 – 30
3. Kualitas dan Kreativitas 20% 0 – 5 6 – 15 16 – 20
4. Kejelasan presentasi 20% 0 – 5 6 – 15 16 – 20

 

Kriteria Detail Tanda
Membuat ide Gagasan proyek sejalan dengan tema Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 30%
Video tersebut dengan jelas menunjukkan orisinalitas ide
Video mengatasi masalah dengan baik
Ide-idenya masuk akal dan dipikirkan dengan baik
Gagasan yang terlibat menyarankan kebijakan baru yang praktis / meningkatkan kebijakan yang ada sebagai solusi untuk masalah terkait
Isi Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik 30%
Tujuan proyek sejalan dengan masalah di komunitas mereka
Menyajikan argumen yang meyakinkan untuk mendukung solusi mereka
Tunjukkan pemahaman yang jelas tentang informasi dengan materi pendukung yang orisinal, logis, dan relevan
Gagasan diatur, dikembangkan, dan didukung dengan jelas untuk mencapai suatu tujuan
Video memiliki pengantar, isi, dan kesimpulan yang jelas
Kualitas dan Kreativitas Pengajuan menggabungkan berbagai media dan elemen (video pendek, gambar, grafik, dll) 20%
Video dan gambar fokus dan berkualitas baik
Video menarik dan menarik perhatian dengan baik.
Kejelasan presentasi Tunjukkan alur cerita yang jelas dan dipikirkan dengan baik 20%
Tunjukkan perkembangan ide yang berkelanjutan dan yang mudah diikuti.

 

Rubrik Penyampaian Laporan – Kategori Junior

Kriteria Detail Tanda
Ringkasan Ringkasan tersebut dengan jelas menguraikan tujuan proyek utama, masalah, situasi waktu nyata, dan solusi 30%
Kedalaman konten mencerminkan pemahaman menyeluruh tentang tujuan proyek.
Pokok-pokok utama didukung dengan baik dengan fakta dan bukti angka yang relevan dan memadai.
Memberikan penjelasan yang tepat tentang konsep kunci SDG yang selaras dengan konten video
Strategi dan Diskusi Pembahasan dan pengembangan ide yang sangat jelas, logis, matang, menyeluruh yang mendukung permasalahan yang diberikan. 25%
Setiap paragraf memiliki kalimat pendukung yang mendetail yang mengembangkan ide utama.
Transisi yang sangat baik antar paragraf.
Organisasi & Rekomendasi Ini diatur dengan cara yang dipertimbangkan, relevan, dan mengarahkan pembaca secara logis dari temuan ke solusi yang direkomendasikan 30%
Kesimpulan relevan dan sesuai untuk masalah yang dibahas dalam dokumen
Rekomendasi adalah saran yang berorientasi pada tindakan tertentu, berorientasi pada masalah yang diberikan.
Kemampuan menulis Struktur yang jelas yang memperkaya diskusi dan argumentasi 15%
Esai menampilkan penggunaan bahasa Inggris tertulis standar yang sangat baik
Kosakata yang sangat tepat, dipilih dengan baik, tepat dan beragam

Sesi pitching akan dinilai berdasarkan:

  1. Perkenalan
  2. Isi
  • Tanggapan
  1. Profesionalisme dan Kerja Tim
TIDAK. Kriteria Tanda Tingkat
Muncul Mengembangkan Canggih
1. Perkenalan 10% 0 – 3 4 – 7 8 – 10
2. Isi 30% 0 – 10 11 – 20 21 – 30
3. Tanggapan 50% 0 – 20 21 – 40 41 – 50
4. Profesionalisme dan Kerja Tim 10% 0 – 3 4 – 7 8 – 10

 

Kriteria Detail Tanda
Perkenalan Anggota tim memberikan pengantar proyek yang jelas dan ringkas 10%
Pendahuluan menarik perhatian audiens dan dengan jelas menyatakan peran spesifik dari setiap anggota tim.
Isi Pitch tersebut cukup merangkum isi dari tayangan video tersebut. 30%
Tim dengan jelas menangani masalah yang mereka selesaikan
Tim memiliki pendekatan yang jelas tentang bagaimana mempertahankan ide tersebut
Tujuannya dijelaskan dengan jelas dan realistis.
Materi pendukung adalah asli, logis dan relevan.
Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik
Memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan yang jelas
Tanggapan Para anggota mampu menjawab pertanyaan secara memuaskan dengan penuh percaya diri, ketepatan dan penggunaan bahasa yang tepat. 50%
Anggota tim menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan kelas dengan penjelasan dan elaborasi.
Jawaban menjawab dan mengintegrasikan SDGs dengan baik
Menunjukkan pemikiran konseptual dan kritis yang jelas
Profesionalisme dan Kerja Tim Anggota tim mengambilbelokan untuk berbicara, menjaga kontak mata yang baik, dan berbicara dengan nada yang dapat didengar. 10%
Setiap anggota tim memahami semua aspek topik terlepas dari peran atau kontribusi yang disebutkan dalam pendahuluan.
Setiap anggota tim memiliki pemahaman yang jelas tentang informasi dan memahami dengan baik tujuan utama proyek.

 

Penilaian dan Rubrik untuk Tingkat Senior

Video yang dikirimkan akan dinilai berdasarkan:

  1. Membuat ide
  2. Konten proyek
  • Kualitas dan Kreativitas
  • Kejelasan presentasi
  1. Dampak terhadap Masyarakat
TIDAK Kriteria Tanda Tingkat
Muncul Mengembangkan Canggih
1. Membuat ide 25% 0 – 8 9 – 17 18 – 25
2. Konten Proyek 20% 0 – 5 6 – 15 16 – 20
3. Kualitas dan Kreativitas 10% 0 – 5 6 – 15 16 – 20
4. Kejelasan presentasi 20% 0 – 5 6 – 15 16 – 20
5. Dampak terhadap Masyarakat 25% 0 – 8 9 – 17 18 – 25

 

Kriteria Detail Tanda
Membuat ide Gagasan proyek sejalan dengan tema Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 25%
Video tersebut dengan jelas menunjukkan orisinalitas ide
Video mengatasi masalah dengan baik
Ide-idenya masuk akal dan dipikirkan dengan baik
Isi Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik 20%
Tujuan proyek sejalan dengan masalah di komunitas mereka
Menyajikan argumen yang meyakinkan untuk mendukung solusi mereka
Tunjukkan pemahaman yang jelas tentang informasi dengan materi pendukung yang orisinal, logis, dan relevan
Gagasan diatur, dikembangkan, dan didukung dengan jelas untuk mencapai suatu tujuan
Video memiliki pengantar, isi, dan kesimpulan yang jelas
Kualitas dan Kreativitas Pengajuan menggabungkan berbagai media dan elemen (video pendek, gambar, grafik, dll) 10%
Video dan gambar fokus dan berkualitas baik
Video menarik dan menarik perhatian dengan baik.
Kejelasan presentasi Tunjukkan alur cerita yang jelas dan dipikirkan dengan baik 20%
Mendemonstrasikan perkembangan ide yang berkelanjutan danmemberi tahu presentasi lengkap yang mudah diikuti.
Dampak terhadap Masyarakat Dampak terhadap masyarakat didefinisikan dan dijelaskan dengan baik 25%
Metode di mana dampak tersebut akan dicapai dengan baik dan dijelaskan
Gagasan melibatkan pengusulan kebijakan baru yang praktis/meningkatkan kebijakan yang ada sebagai solusi untuk masalah terkait

 

Rubrik Penyampaian Laporan – Kategori Junior

Kriteria Detail Tanda
Ringkasan Ringkasan tersebut dengan jelas menguraikan tujuan proyek utama, masalah, situasi waktu nyata, dan solusi 30%
Kedalaman konten mencerminkan pemahaman menyeluruh tentang tujuan proyek.
Pokok-pokok utama didukung dengan baik dengan fakta dan bukti angka yang relevan dan memadai.
Memberikan penjelasan yang tepat tentang konsep kunci SDG yang selaras dengan konten video
Strategi dan Diskusi Pembahasan dan pengembangan ide yang sangat jelas, logis, matang, menyeluruh yang mendukung permasalahan yang diberikan. 25%
Setiap paragraf memiliki kalimat pendukung yang mendetail yang mengembangkan ide utama.
Transisi yang sangat baik antar paragraf.
Organisasi & Rekomendasi Ini diatur dengan cara yang dipertimbangkan, relevan, dan mengarahkan pembaca secara logis dari temuan ke solusi yang direkomendasikan 30%
Kesimpulan relevan dan sesuai untuk masalah yang dibahas dalam dokumen
Rekomendasi adalah saran yang berorientasi pada tindakan tertentu, berorientasi pada masalah yang diberikan.
Kemampuan menulis Struktur yang jelas yang memperkaya diskusi dan argumentasi 15%
Esai menampilkan penggunaan bahasa Inggris tertulis standar yang sangat baik
Kosakata yang sangat tepat, dipilih dengan baik, tepat dan bervariasi

Sesi pitching akan dinilai berdasarkan:

  1. Perkenalan
  2. Isi
  • Tanggapan
  • Profesionalisme dan Kerja Tim
TIDAK. Kriteria Tanda Tingkat
Muncul Mengembangkan Canggih
1. Perkenalan 10% 0 – 3 4 – 7 8 – 10
2. Isi 30% 0 – 10 11 – 20 21 – 30
3. Tanggapan 50% 0 – 20 21 – 40 41 – 50
4. Profesionalisme dan Kerja Tim 10% 0 – 3 4 – 7 8 – 10

 

Kriteria Detail Tanda
Perkenalan Anggota tim memberikan pengantar proyek yang jelas dan ringkas 10%
Pendahuluan menarik perhatian audiens dan dengan jelas menyatakan peran spesifik dari setiap anggota tim.
Isi Pitch tersebut cukup merangkum isi dari tayangan video tersebut. 30%
Tim dengan jelas menangani masalah yang mereka selesaikan
Tim memiliki pendekatan yang jelas tentang bagaimana mempertahankan ide tersebut
Tujuannya dijelaskan dengan jelas dan realistis.
Materi pendukung adalah asli, logis dan relevan.
Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik
Memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan yang jelas
Tanggapan Para anggota mampu menjawab pertanyaan secara memuaskan dengan penuh percaya diri, ketepatan dan penggunaan bahasa yang tepat. 50%
Anggota tim menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan kelas dengan penjelasan dan elaborasi.
Jawaban menjawab dan mengintegrasikan SDGs dengan baik
Menunjukkan pemikiran konseptual dan kritis yang jelas
Profesionalisme dan Kerja Tim Anggota tim mengambilbelokan untuk berbicara, menjaga kontak mata yang baik, dan berbicara dengan nada yang dapat didengar. 10%
Setiap anggota tim memahami semua aspek topik terlepas dari peran atau kontribusi yang disebutkan dalam pendahuluan.
Setiap anggota tim memiliki pemahaman yang jelas tentang informasi dan memahami dengan baik tujuan utama proyek.

Laporan keuangan

Perkiraan Biaya

 

Hadiah untuk Nasional (Kategori Senior)

 

Barang Biaya (Rp)
Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat 8.000.000
Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat 4.000.000
 

Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat

 

2.000.000
(A1) Jumlah 14.000.000
 

Hadiah untuk Nasional (Kategori Junior)

 

Barang Biaya (Rp)
 

Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat

 

6.000.000
 

Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat

 

3.000.000
 

Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat

 

1.500.000
(A2) Jumlah  

10.500.000

 

Hadiah untuk Regional (Kategori Senior)

 

Barang Biaya (Rp)
 

Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat

 

15.000.000
 

Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat

 

10.000.000
 

Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat

 

5.000.000
(B1) Jumlah 30.000.000
 

Hadiah untuk Regional (Kategori Junior)

 

Barang Biaya (Rp)
 

Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat

 

10.000.000
 

Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat

 

6.000.000
 

Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat

 

3.000.000
(B2) Jumlah 19.000.000
 

Teknologi dan Logistik

 

Barang Biaya (Rp)
 

Stream yard Langganan Dasar

●      Untuk acara launching

●      Langganan dilakukan 2 bulan sebelum peluncuran untuk pengoptimalan dan uji coba

300.000 x 3 bulan
Kampanye Digitals Ads (Rp 150.000/bulan)

●      Biaya dapat berubah tergantung pada lalu lintas

●      Perkiraan biaya disediakan untukrata-ratalalu lintas

●      Dari Juni 2023 – Desember 2023

150.000 x 7 bulan
(B3) Jumlah 1.950.000
 

Pembayaran dan Honorarium –

 

Barang Biaya (Rp)
 

Pembayaran untuk Pembicara / Host Lokakarya

Rp 3.750.000 X 3 Speaker

 

11.250.000
(B4) Jumlah 11.250.000
Total untuk Warga Negara (A1 + A2 + B3) 26.450.000
Total untuk Regional (B1 + B2 + B4) 60.250.000
Total Keseluruhan (A1 + A2 + B1 + B2 + B3 + B4) 86.700.000

Sumber Pendapatan

 

Sponsor dan Kemitraan*

 

Barang Biaya (Rp)
 

Paket berlian

 

30.000.000
 

Paket emas

 

25.000.000
 

Paket platina

 

15.000.000
 

Tuan Rumah Bersama

 

5.000.000

*Perkiraan pendapatan berfungsi sebagai referensi untuk menutup biaya kompetisi tingkat regional. Setiap negara peserta bertanggung jawab untuk mengamankan pendapatan mereka sendiri untuk kompetisi tingkat nasional mereka.

 

Paket Sponsor

PLATINUM EMAS BERLIAN
Rp 15.000.000 Rp 25.000.000 Rp30.000.000

 

MANFAAT RINCIAN Perak EMAS BERLIAN
Materi Promosi Logo sponsor ditambahkan ke semua promosi digital termasuk poster, brosur, spanduk, dll.

Materi akan dibagikan di media sosial (gabungan sekitar 95k pengikut),

Video promosi Disebutkan secara khusus dalam video promosi acara.
Perhatian Khusus oleh Tuan Rumah Disebutkan secara khusus oleh tuan rumah kami di acara tersebut dan pengakuan sponsor selama sambutan pembukaan.  

 

 

 

 

 

 

Situs web

Iklan

Sponsor akan memiliki kolom editorial khusus dengan logo dan tautan langsung ke situs web perusahaan (situs web Unitar menerima hingga 7k pengunjung setiap bulan)
Nama/Logo pada Sertifikat Nama dan logo sponsor pada sertifikat peringatan.
 

Iklan yang Dipersonalisasi

 

Logo sponsor akan dimasukkan dalam ledakan email ke lembaga pendidikan di seluruh Malaysia dan universitas mitra Inggris kami (buletin).
 

 

Nama Acara

Merek

Nama sponsor akan diberi tag bersama dengan nama acara (Misalnya: Diberdayakan oleh nama Sponsor).
Tampilan Video Sponsor Putar video iklan perusahaan Anda selama istirahat dan di antara sesi.
Liputan & Eksposur Media Pengakuan atau penyebutan nama sponsor dan profil perusahaan dalam siaran pers, selama wawancara media dan dalam artikel media khusus.

Sponsor Non-moneter 

Terlepas dari paket sponsor utama, A-FSL juga menerima sponsor non-moneter pada aspek tertentu dari acara tersebut. Manfaat bagi sponsor akan bergantung pada nilai yang disepakati dari sponsor tersebut. Beberapa contoh sponsor non-moneter adalah sebagai berikut:

SPONSOR RINCIAN KEUNTUNGAN
Sponsor Liputan Media

 

Sponsoryang dapat memberikan bantuan keuangan dalam mengamankan liputan media untuk acara ini.

Misalnya, sponsor media mungkin membayar iklan di koran lokal atau menutupi biaya syuting iklan TV. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin memiliki saluran/koran sendiri yang dapat menerbitkan artikel/postingan blog atau berita yang relevan tentang acara ini.

 

Ø Pengakuan sebagai Sponsor Liputan Media dengan logo perusahaan dan tautan selama acara berlangsung.

 

Ø Nama sponsor pada piagam penghargaan-piala/plakat/sertifikat.

 

Ø Sponsor akan memiliki kolom editorial khusus, dan logo, yang akan mengarahkan ke website perusahaan.

 

Ø Video sponsor akan ditampilkan selama upacara penghargaan untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan.

 

Ø Disebutkan secara khusus oleh tuan rumah kami di acara tersebut.

 

Sponsor Teknologi

 

 

Sponsoryang dapat memberikan bantuan keuangan atau platform untuk melakukan streaming acara secara online. Misalnya; berlangganan Zoom United, Award Force, dan sebagainya.
Pertunjukan budayaSponsor

 

Sponsor yang memiliki kelompok/seniman tari. Mampu menawarkan dukungan/jasa mereka dalam bentuk berbagai pertunjukan budaya.

Manfaat Co-host

Co-hosting dapat dimulai dengan memberikan dukungan finansial sebesar Rp 5 juta untuk acara ini.

  • Keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional
  • Peluang untuk bekerja dengan universitas co-host lainnya
  • Penempatan logo pada spanduk acara, situs web, dan materi lain yang diproduksi khusus untuk acara tersebut
  • Kesempatan untuk terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan A-FSL 2023
  • Jaringan dan kerjasama dengan AAEW dan Universitas di kawasan ASEAN.

Kontribusi co-host dapat ditransfer melalui akun virtual di bawah ini:

BNI Virtual Account Maksi FEB UNPAD Penerimaan Keg PKM Maksi FEB

Kode pembayaran: 9882340512100003

Silakan kirimkan bukti pembayaran Anda ke https://bit.ly/Co-Host-AFSL-2023 atau pindai kode qr:

Pemasaran dan Komunikasi

Situs web

(Situs web AAEW)

Situs web sangat penting untuk organisasi mana pun. Ini dapat digunakan untuk mencapai banyak strategi pemasaran yang berbeda untuk membantu acara tersebut berkembang. Jangkauan luas seperti itu lebih baik daripada segala bentuk periklanan; memusatkan informasi dan menciptakan kehadiran online.

A-FSL 2023 akan menggunakan website International AAEW, http://aaef.feb.unpad.ac.id/, untuk mempublikasikan seluruh informasi acara tersebut. Situs web menerima volume lalu lintas yang baik setiap hari; jenis promosi ini akan membantu meningkatkan acara untuk menjangkau nasional maupun dunia.

Media sosial

Tim akan menggunakan dua jenis halaman media sosial untuk acara tersebut:

  • Instagram
    • Selain membuat halaman Instagram baru, tim akan memanfaatkan halaman Instagram yang ada untuk setiap host. Dengan lebih dari 2.000 pengikut, lebih mudah untuk berinteraksi dengan kumpulan pasar potensial saat ini dan fokus untuk mengembangkannya.
    • Kampanye sosial juga akan diselenggarakan oleh tim untuk meningkatkan jangkauan acara. Menggunakan tagar khusus seperti #AFSL2023 atau #AFSLiscool akan menciptakan lebih banyak perhatian terhadap acara tersebut, sehingga menciptakan lebih banyak percakapan.
  • Halaman Facebook
    • Tim akan menggunakan halaman Facebook yang ada untuk setiap host. Dengan lebih dari 93.000 pengikut, lebih mudah untuk berinteraksi
    • Halaman ini akan digunakan untuk memusatkan semua informasi penting. Undangan acara akan dibuat untuk tanggal-tanggal penting.

Pemasaran Digital 

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019, rata-rata pengguna internet memiliki setidaknya 7 akun media sosial. Ini menunjukkan pentingnya media sosial dalam menghubungkan orang. Dengan menggunakan iklan media digital, akun media sosial kita akan diiklankan kepada kelompok orang yang tepat.

Iklan Facebook harus digunakan karena kemampuan jangkauannya yang tinggi. Fungsi ini memungkinkan kami menjangkau sekumpulan pengguna Facebook tertentu untuk mengiklankan acara tersebut. Selain itu, hemat biaya juga.

Ledakan Email

Terlepas dari serbuan media sosial, pemasaran email tetap penting. Selain hemat biaya dan lebih mudah menjangkau lebih banyak orang potensial, email dapat disesuaikan dan dipersonalisasi, menjadikannya alat pemasaran yang sangat kuat.

Oleh karena itu, untuk event ini, tim akan menyiapkan email resmi. Email ini akan digunakan untuk menyampaikan informasi ke jaringan khusus kami. Alamat email yang sama juga akan digunakan untuk mengatur halaman media sosial.

Saran alamat email resmi:afslcompetitionid@gmail.com

 

Kesimpulan

A-FSL 2023 adalah tonggak kolaborasi untuk universitas dan sekolah di seluruh negara ASEAN untuk menyediakan lingkungan belajar online yang berdampak bagi para siswa. Pelaksanaan kompetisi ini juga akan berfungsi sebagai kerangka kerja untuk proyek-proyek ASEAN di masa depan. Secara keseluruhan, A-FSL akan membantu menghasilkan generasi pemimpin berikutnya dengan keterampilan dan pengalaman untuk mulai menghasilkan solusi kreatif untuk masalah dunia nyata

Floatin Button
Floatin Button