Ringkasan Kegiatan
Kompetisi ASEAN Future Sustainable Leaders – 2023 (A-FSL 2023) adalah sebuah kompetisi video online dimana kelompok pelajar dari sekolah dan perguruan tinggi, atau Junior dan Senior, akan berkompetisi dalam kategorinya masing-masing untuk menyampaikan ide yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Dalam kompetisi ini, para peserta akan menyampaikan gagasan mereka tentang isu-isu multidisiplin yang terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). A-FSL 2023 merupakan produk kolaborasi antaraPanitia Nasional A-FSL Indonesia dari berbagai universitas dan ASEAN Accounting Education Workgroup (AAEW), dan akan dipimpin oleh yang pertama. Anggaran diperkirakan sebesar Rp 85,5 Juta.
Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua tahap, nasional dan regional. Kompetisi nasional akan diadakan sepanjang Juli 2023 hingga Oktober 2023 dengan dua perwakilan dari kategori Junior dan Senior melanjutkan ke regional. Regional tiga hari akan dimulai dari 31 Oktober 2023, di mana akan ada penekanan yang lebih tinggi pada keterlibatan antara berbagai bangsa dalam berjuang menuju tujuan bersama.Kompetisi, acara penghargaan, dan pemenang semua akan dipromosikan melalui berbagai publikasi media, yang akan memberikan kesempatan untuk paparan nasional dan daerah bagi para peserta dan sekolah dan universitas masing-masing.
Kompetisi A-FSL 2023 bertujuan untuk melatih dan mengembangkan para pemimpin muda Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations/ASEAN) dalam berperan membawa dampak positif bagi masyarakat.Sekolah dan universitas akan mendapat manfaat dari berpartisipasi dalam A-FSL dengan kesempatan untuk menampilkan diri mereka sebagai lembaga pendidikan terkemuka yang menghasilkan profesional muda siap kerja dengan keterampilan mutakhir.Kompetisi ini juga menjadi katalisator keterlibatan negara-negara ASEAN dalam memberikan pengalaman pendidikan yang berkualitas kepada siswa kami.Kesimpulannya, A-FSL 2023 akan membantu menghasilkan generasi pemimpin berikutnya dengan keterampilan dan pengalaman untuk mulai menghasilkan solusi kreatif untuk masalah dunia nyata.
Latar belakang
A-FSL 2023 adalah usaha untuk memberdayakan kaum muda di seluruh wilayah ASEAN baik di tingkat sekolah maupun universitas, untuk bersaing di lingkungan pendidikan. Tahun ini, kompetisi akan fokus pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang ditetapkan oleh PBB pada tahun 2015. A-FSL 2023 juga akan menerapkan sistem pertukaran mobilitas yang inovatif di tingkat regional untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi para peserta. Selain kompetisi, juga akan diadakan lokakarya dan kegiatan untuk memupuk semangat kebersamaan di antara para peserta regional, dan menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan rencana bisnis yang berdampak.
Tagline = Hidup dengan Keberlanjutan dan Inklusivitas
Tujuan
A-FSL diselenggarakan berdasarkan tujuan berikut:
- Untuk membentuk jaringan kerjasama nasional dan regional di masa depan yang akan terus mengembangkan platform untuk mengambil tindakan untuk SDGs.
- Untuk menantang dan menanamkan semangat daya saing di antara para peserta dalam memimpin tuntutan menuju perubahan yang berkelanjutan dan berdampak pada masyarakat.
- Untuk memberikan pengalaman belajar yang mendorong peserta untuk menghargai berbagai perspektif budaya dan komunitas yang berbeda.
Hasil Kegiatan
- Kontestan dan panitia penyelenggara akan menghasilkan produk atau layanan yang berkontribusi terhadap SDGs.
- Para kontestan akan dapat mengembangkan, menyempurnakan, dan meningkatkan kekokohan ide yang diberikan untuk memaksimalkan dampaknya pada masyarakat.
- Kontestan akan dapat memanfaatkan perbedaan latar belakang budaya dan pendidikan untuk menciptakan nada yang lebih kuat.
Detail Acara
Kontestan harus mengusulkan Proyek Pembangunan Berkelanjutan yang memiliki nilai dampak sosial yang tinggi berdasarkan SDGs.
Jenis kompetisi : Kelompok beranggotakan 4 orang
Kategori : Pelajar SMP – SMA – Senior – Siswa pendidikan tinggi.
Durasi : Juli 2023 – November 2023
Level : Nasional dan Regional (ASEAN)
Webinar tentang SDGs + Peluncuran A-FSL
Tanggal: 22 Juli 2023
Tempat: Zoom
Institusi pendidikan dari semua tingkatan dari kawasan ASEAN akan diundang ke webinar SDGs yang juga akan menjadi acara peluncuran A-FSL 2023.
Dalam webinar ini, perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan memberikan ceramah tentang apa itu SDGs dan signifikansinya bagi kita semua. Pasca webinar, A-FSL 2023 akan diumumkan kepada seluruh peserta, bersamaan dengan pemanggilan kontestan.
Kompetisi Tingkat Nasional (Junior+Senior)
Platform: Zoom
Periode: 22 Juli 2023 – 10 Oktober 2023
Negara-negara peserta akan diberikan keleluasaan untuk menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional mereka sendiri kapan saja selama perwakilan dipilih pada tanggal 17 Oktober 2023. Namun, pelaksanaan kompetisi tingkat nasional akan dibakukan. Ini termasuk:
- Rubrik dan pedoman
- Aturan dan regulasi
- Tema pertandingan
- Jumlah anggota grup
- Jumlah tim pemenang
- Jenis kompetisi
Tingkat nasional akan memiliki dua kategori peserta:Junior, yang meliputi siswa dari pendidikan menengah atas dan Senior, yang meliputi siswa dari pendidikan tinggi. Tingkat nasional akan dipisahkan menjadi dua fase.
Fase 1: Pengiriman video
- Setiap kelompok akan mengirimkan video berdurasi 5 menit, mengusulkan proyek berkelanjutan dalam bentuk produk atau layanan yang membahas isu/pernyataan masalah terkait SDGs.
- Report maksimal 1000 kata untuk Kategori Junior dan 1500 kata untuk Kategori Senior yang menjelaskan studi kasus yang dipilih dengan solusi yang disarankan.
- Video dapat dikirimkan melalui Google Form atau email.
- Pengiriman video kemudian akan dinilai oleh panitia seleksi yang dipilih oleh masing-masing negara penyelenggara.
- Hanya 5 grup dari masing-masing kategori Junior dan Senior yang akan melanjutkan ke Fase 2.
Fase 2: Wawancara langsung
Tempat: Bali
- Kontestan akan dihubungi satu minggu sebelum tanggal dan waktu yang dijadwalkan.
- 10 grup akan mempresentasikan presentasi langsung selama 5 menit untuk menyoroti poin-poin penting dari video mereka kepada juri diikuti dengan sesi tanya jawab selama 15 menit.
- Setiap kategori akan memiliki tiga juri independen.
- Panel tersebut akan terdiri dari setidaknya satu pemimpin/ahli industri.
- Dua grup teratas, juara dan runner-up pertama, dari masing-masing kategori akan lanjut ke regional
Pengarahan Tingkat ASEAN untuk Pendaftar
Platform: Zoom
Tanggal perkiraan: 23rd Oktober 2023
Kelompok pemenang dari semua kompetisi tingkat nasional di semua negara peserta akan mengikuti pembekalan bersama panitia A-FSL 2023. Dalam pengarahan ini:
- Grup baru akan dibentuk.
- Para kontestan tidak lagi berada dalam grup yang sama dengan tingkat nasional. Sebagai gantinya, grup baru beranggotakan 4 orang dari berbagai negara akan dibentuk.
- Studi kasus
- Setiap kelompok akan diberikan pengarahan oleh perwakilan dari industri terpilih dimana studi kasus akan dibagikan.
- Di akhir pengarahan, kontestan akan memilih studi kasus mana yang mereka minati untuk mengajukan rencana bisnis.
- Pelatih
- Setiap negara peserta akan menugaskan seorang pelatih untuk memandu satu grup Junior dan satu grup Senior sebelum kompetisi tingkat regional.
- Kegiatan
- Serangkaian kegiatan yang akan diadakan sepanjang bulan November akan diumumkan. Kegiatan akan mencakup seminar dan lokakarya dengan tujuan untuk memupuk semangat kebersamaan di antara anggota kelompok yang baru terbentuk, dan menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan rencana bisnis yang berdampak.
Kompetisi Tingkat ASEAN (Junior + Senior)
Kompetisi
Tempat: Malaysia
Tanggal perkiraan: 31st Oktober 2023
- Setiap kelompok akan diberi waktu 5 menit untuk mempresentasikan proyek mereka.
- Video berdurasi 10 menit akan ditampilkan kepada panel juri.
- Sesi tanya jawab selama 15 menit dengan para juri akan menentukan tiga pemenang teratas A-FSL 2023.
Sesi Budaya
Tempat: Malaysia
Tanggal perkiraan: 1st November 2023 (Junior + Senior)
Kegiatan sepanjang hari akan disesuaikan untuk membentuk hubungan jangka panjang antara berbagai kelompok. Contoh kegiatan dapat mencakup, namun tidak terbatas pada:
- Berbagi profil media sosial
- Pertunjukan budaya unik dari semua negara yang berpartisipasi.
- Sesi sharing pengalaman mereka selama A-FSL 2023
- Tayangan slide dengan sorotan A-FSL 2023 akan diputar
Di akhir sesi budaya, akan ada penghargaan tambahan yang akan diumumkan seperti:
- Video pengantar terbaik
- Jawaban Terbaik
- Video paling kreatif, dll.
Pedoman Pendaftaran
Kelayakan
Kategori junior: Kompetisi inimembuka untuk siswa sekolah menengah antara usia 16 dan 17 tahun. Siswa dari lembaga pemerintah dan swasta berhak untuk berpartisipasi. Kompetisi ini terbuka untuk siswa lokal saja.
Kategori senior: Kompetisi inimembuka kepada siswa yang lebih tinggipendidikan antara usia 18 dan 25 tahun. Siswa dari lembaga pemerintah dan swasta berhak untuk berpartisipasi. Kompetisi ini terbuka untuk siswa lokal saja.
Peserta harus menggunakan sumber daya mereka sendiri dalam mencari bantuan (misalnya, anggota fakultas, keluarga dan teman, dll.). Menetapkan konsep, mengembangkan presentasi dan video, serta mengelola tim sepenuhnya menjadi tanggung jawab anggota tim.
Tim: Hanya satu tim dari setiap institut yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi. Setiap tim dapat memiliki minimal empat anggota siswa sesuai dengan kategori yang disebutkan. Tim multidisiplin sangat dianjurkan.
Cara Pendaftaran
Pendaftaran akan dilakukan melalui Formulir Google, di mana mereka harus memberikan dokumen pendukung untuk:
- Konfirmasi usia dan kebangsaan
- Konfirmasikan pendaftaran institut saat ini
- Ringkas konten video mereka
Pedoman Pengiriman Video
- Peserta dapat mengimprovisasi video dan laporan untuk mencerminkan studi kasus yang dipilih dengan ide atau solusi untuk masalah yang dinyatakan
- Video yang dikirimkan TIDAK boleh melebihi 5 menit
- Video harus diunggah sebagai satu file dalam format berikut:
- Kualitas minimal 1280 x 720 (HD)
- Format: mp4
- Ukuran maksimum 100mb
-
- Semua entri harus dimulai dengan “layar judul” layar penuh 10 detik yang mencakup informasi berikut:
- Nama sekolah/universitas
- Nama anggota grup
- Judul video
- Laporan video harus memiliki maksimal 1000 kata untuk Kategori Junior dan 1500 kata untuk Kategori Senior yang menjelaskan studi kasus yang dipilih dengan solusi yang disarankan.
- Hanya satu video dan satu pengiriman laporan yang diperbolehkan per tim.
- Videonya harusalamat kehidupan dengan isu keberlanjutan dan inklusivitas yang disoroti oleh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dalam bentuk produk, layanan, potensi kebijakan baru, atau penyempurnaan kebijakan saat ini.
- Tim yang berpartisipasi dapat menggunakan alat perekam sendiri (handphone atau camcorder)
- Video dapat dalam gaya apa pun, seperti dokumenter, sinematografi, vlog, berbasis cerita, berbasis musik, montase, atau gaya bebas.
- Pengajuan kompetisi tidak boleh menyertakan dukungan produk atau layanan apa pun, atau konten cabul, kekerasan, rasis, vulgar, atau memfitnah. Video harus berupaproduksi asli.
- Seharusnya adatidak ada plagiarisme atau pelanggaran hak cipta yang terlibat. Peserta bertanggung jawab untuk mendapatkan izin terkait yang diperlukan untuk mereproduksi materi apa pun dalam produksinya
- Setiap efek suara/klip musik yang digunakan dalam video harus bebas royalti dan kontestan harus mendapatkan izin untuk menyebarkannya/mereka
- Bantuan profesional tidak diperbolehkan dalam produksi video.
- Segala bentuk biaya yang dikeluarkan selama pembuatan video akan ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Penyelenggara tidak berkewajiban untuk mengganti biaya dalam bentuk apa pun selama tantangan berlangsung.
- Pemilihan juri semata-mata akan menjadi kebijaksanaan penyelenggara. Pemilihan finalis dan pemenang bersifat final dan tidak dapat dinegosiasikan
- Keputusan dari dewan juri bersifat final dan akan didasarkan pada rubrik berikut:
- Membuat ide
- Konten Proyek
- Kualitas dan Kreativitas
- Kejelasan Presentasi
- Dampak terhadap Masyarakat (untuk tingkat senior)
- Entri dan deskripsi video dapat dikirimkan ke:afslcompetitionid@gmail.com
- Pengiriman video harus diberi nama “AFSLC2023_AC_groupname.mp4”
- Penyelenggara berhak mengubah atau memodifikasi salah satu ketentuandan kondisi tercantum dalam formulir ini setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Peraturan
- Semua tim yang berpartisipasi harus mematuhi persyaratan masuk dan pedoman pengiriman video.
- Video harus produksi asli. Seharusnya tidak ada plagiarisme atau pelanggaran hak cipta yang terlibat. Tanggung jawab ada pada peserta untuk mendapatkan izin relevan yang diperlukan untuk mereproduksi materi apa pun dalam produksi mereka.
- Peserta memegang semua hak dan hak cipta atas video yang dikirimkan. Namun, setiap entri secara otomatis memberikanizin penyelenggara untuk digunakan, mereproduksi, mencetak ulang, mendistribusikan dan menampilkan video, nama mereka dan informasi yang relevan dari materi yang dikirimkan dan tim yang terlibat untuk tujuan promosi. . Penyelenggara dan juri berhak untuk menghapus setiap entri dari kompetisi yang mereka rasa dapat melanggar salah satu syarat dan ketentuan atau dapat merusak reputasi kompetisi, karena semuakeputusan dibuat oleh penyelenggara bersifat final dan banding tidak akan dilayani. Entri seperti itu akan didiskualifikasi.
- Peserta setuju untuk mengganti kerugian penyelenggara jika ada pelanggaran pihak ketiga dan hak kerahasiaan atas konten dan informasi yang disampaikan sebagai bagian dari pengiriman video peserta.
- Segala bentuk biaya yang dikeluarkan selama pembuatan video akan ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Penyelenggara tidak berkewajiban untuk mengganti biaya dalam bentuk apa pun selama tantangan berlangsung.
- Isidari video harus sesuai dan hormat. Ujaran atau konten yang vulgar dan tidak pantas tidak akan ditoleransi.
- Pemilihan juri semata-mata akan menjadi kebijaksanaan penyelenggara.
- Pemilihan finalis dan pemenang bersifat final dan tidak dapat dinegosiasikan.
- Kegagalan untuk mematuhi aturan dan pedoman kompetisi akan mengakibatkan diskualifikasi.
Pitching
- Pitching langsung akan berlangsung pada 31 Oktober 2023.
- Sesi ini akan memakan waktu sekitar 15 menit, di mana tim akan mempresentasikan 10 menit live pitching kepada panel juri diikuti dengan sesi tanya jawab.
- Pitching langsung harus mencakup pengenalan singkat tentang tim Anda dan garis besar proyek.
TANGGAL ACARA PENTING
Launching Ceremony dan Webinar Lomba Tingkat Nasional | 22t Juli 2023 |
Registrasi Peserta | |
Pengiriman Video | 22t Juli 2023 – 22t September 2023 |
Pengumuman Peserta Terpilih | 2t Oktober 2023 |
Sesi Pitching Langsung untuk Peserta Terpilih | 9th Oktober 2023- 10th Oktober 2023 |
Upacara Penghargaan Kompetisi Tingkat Nasional AFSL 2023 | 10th Oktober 2023 |
Penyerahan Video Kompetisi Tingkat ASEAN AFSL 2023 | 23rd Oktober 2023- 30th Oktober 2023 |
AFSL 2023 Kompetisi Tingkat ASEAN | 31st Oktober 2023 |
Upacara Penghargaan Tingkat ASEAN AFSL 2023 | 1st November 2023 |
Highlight AFSL 2023
KOMPETISI NASIONAL
Lomba tingkat nasional akan diadakan oleh masing-masing negara masing-masing untuk mewakili negaranya masing-masing. Setiap negara akan mengirimkan 2 grup finalis untuk mengikuti kompetisi tingkat ASEAN.
KOMPETISI ASEAN
Seluruh pemenang shortlisted dari masing-masing negara, yang terdiri dari satu wakil dari kategori junior dan satu lagi dari kategori senior, akan melanjutkan ke kompetisi tingkat ASEAN untuk bersaing di dua kategori masing-masing.
KEGIATAN
Webinar akan diadakan untuk tujuan peningkatan pengetahuan yang berkaitan dengan tema dan SDG17. Webinar dapat membantu menjawab pertanyaan umum untuk membuat kumpulan informasi yang kaya yang tidak hanya relevan dengan praktik berkelanjutan saat ini tetapi juga untuk kepemimpinan berkelanjutan generasi mendatang.
Penilaian dan Rubrik untuk Tingkat Junior
Video yang dikirimkan akan dinilai berdasarkan:
- Membuat ide
- Konten proyek
- Kualitas dan Kreativitas
- Kejelasan presentasi
TIDAK | Kriteria | Tanda | Tingkat | ||
Muncul | Mengembangkan | Canggih | |||
1. | Membuat ide | 30% | 0 – 10 | 11 – 20 | 21 – 30 |
2. | Konten Proyek | 30% | 0 – 10 | 11 – 20 | 21 – 30 |
3. | Kualitas dan Kreativitas | 20% | 0 – 5 | 6 – 15 | 16 – 20 |
4. | Kejelasan presentasi | 20% | 0 – 5 | 6 – 15 | 16 – 20 |
Kriteria | Detail | Tanda |
Membuat ide | Gagasan proyek sejalan dengan tema Tujuan Pembangunan Berkelanjutan | 30% |
Video tersebut dengan jelas menunjukkan orisinalitas ide | ||
Video mengatasi masalah dengan baik | ||
Ide-idenya masuk akal dan dipikirkan dengan baik | ||
Gagasan yang terlibat menyarankan kebijakan baru yang praktis / meningkatkan kebijakan yang ada sebagai solusi untuk masalah terkait | ||
Isi | Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik | 30% |
Tujuan proyek sejalan dengan masalah di komunitas mereka | ||
Menyajikan argumen yang meyakinkan untuk mendukung solusi mereka | ||
Tunjukkan pemahaman yang jelas tentang informasi dengan materi pendukung yang orisinal, logis, dan relevan | ||
Gagasan diatur, dikembangkan, dan didukung dengan jelas untuk mencapai suatu tujuan | ||
Video memiliki pengantar, isi, dan kesimpulan yang jelas | ||
Kualitas dan Kreativitas | Pengajuan menggabungkan berbagai media dan elemen (video pendek, gambar, grafik, dll) | 20% |
Video dan gambar fokus dan berkualitas baik | ||
Video menarik dan menarik perhatian dengan baik. | ||
Kejelasan presentasi | Tunjukkan alur cerita yang jelas dan dipikirkan dengan baik | 20% |
Tunjukkan perkembangan ide yang berkelanjutan dan yang mudah diikuti. |
Rubrik Penyampaian Laporan – Kategori Junior
Kriteria | Detail | Tanda |
Ringkasan | Ringkasan tersebut dengan jelas menguraikan tujuan proyek utama, masalah, situasi waktu nyata, dan solusi | 30% |
Kedalaman konten mencerminkan pemahaman menyeluruh tentang tujuan proyek. | ||
Pokok-pokok utama didukung dengan baik dengan fakta dan bukti angka yang relevan dan memadai. | ||
Memberikan penjelasan yang tepat tentang konsep kunci SDG yang selaras dengan konten video | ||
Strategi dan Diskusi | Pembahasan dan pengembangan ide yang sangat jelas, logis, matang, menyeluruh yang mendukung permasalahan yang diberikan. | 25% |
Setiap paragraf memiliki kalimat pendukung yang mendetail yang mengembangkan ide utama. | ||
Transisi yang sangat baik antar paragraf. | ||
Organisasi & Rekomendasi | Ini diatur dengan cara yang dipertimbangkan, relevan, dan mengarahkan pembaca secara logis dari temuan ke solusi yang direkomendasikan | 30% |
Kesimpulan relevan dan sesuai untuk masalah yang dibahas dalam dokumen | ||
Rekomendasi adalah saran yang berorientasi pada tindakan tertentu, berorientasi pada masalah yang diberikan. | ||
Kemampuan menulis | Struktur yang jelas yang memperkaya diskusi dan argumentasi | 15% |
Esai menampilkan penggunaan bahasa Inggris tertulis standar yang sangat baik | ||
Kosakata yang sangat tepat, dipilih dengan baik, tepat dan beragam |
Sesi pitching akan dinilai berdasarkan:
- Perkenalan
- Isi
- Tanggapan
- Profesionalisme dan Kerja Tim
TIDAK. | Kriteria | Tanda | Tingkat | ||
Muncul | Mengembangkan | Canggih | |||
1. | Perkenalan | 10% | 0 – 3 | 4 – 7 | 8 – 10 |
2. | Isi | 30% | 0 – 10 | 11 – 20 | 21 – 30 |
3. | Tanggapan | 50% | 0 – 20 | 21 – 40 | 41 – 50 |
4. | Profesionalisme dan Kerja Tim | 10% | 0 – 3 | 4 – 7 | 8 – 10 |
Kriteria | Detail | Tanda |
Perkenalan | Anggota tim memberikan pengantar proyek yang jelas dan ringkas | 10% |
Pendahuluan menarik perhatian audiens dan dengan jelas menyatakan peran spesifik dari setiap anggota tim. | ||
Isi | Pitch tersebut cukup merangkum isi dari tayangan video tersebut. | 30% |
Tim dengan jelas menangani masalah yang mereka selesaikan | ||
Tim memiliki pendekatan yang jelas tentang bagaimana mempertahankan ide tersebut | ||
Tujuannya dijelaskan dengan jelas dan realistis. | ||
Materi pendukung adalah asli, logis dan relevan. | ||
Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik | ||
Memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan yang jelas | ||
Tanggapan | Para anggota mampu menjawab pertanyaan secara memuaskan dengan penuh percaya diri, ketepatan dan penggunaan bahasa yang tepat. | 50% |
Anggota tim menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan kelas dengan penjelasan dan elaborasi. | ||
Jawaban menjawab dan mengintegrasikan SDGs dengan baik | ||
Menunjukkan pemikiran konseptual dan kritis yang jelas | ||
Profesionalisme dan Kerja Tim | Anggota tim mengambilbelokan untuk berbicara, menjaga kontak mata yang baik, dan berbicara dengan nada yang dapat didengar. | 10% |
Setiap anggota tim memahami semua aspek topik terlepas dari peran atau kontribusi yang disebutkan dalam pendahuluan. | ||
Setiap anggota tim memiliki pemahaman yang jelas tentang informasi dan memahami dengan baik tujuan utama proyek. |
Penilaian dan Rubrik untuk Tingkat Senior
Video yang dikirimkan akan dinilai berdasarkan:
- Membuat ide
- Konten proyek
- Kualitas dan Kreativitas
- Kejelasan presentasi
- Dampak terhadap Masyarakat
TIDAK | Kriteria | Tanda | Tingkat | ||
Muncul | Mengembangkan | Canggih | |||
1. | Membuat ide | 25% | 0 – 8 | 9 – 17 | 18 – 25 |
2. | Konten Proyek | 20% | 0 – 5 | 6 – 15 | 16 – 20 |
3. | Kualitas dan Kreativitas | 10% | 0 – 5 | 6 – 15 | 16 – 20 |
4. | Kejelasan presentasi | 20% | 0 – 5 | 6 – 15 | 16 – 20 |
5. | Dampak terhadap Masyarakat | 25% | 0 – 8 | 9 – 17 | 18 – 25 |
Kriteria | Detail | Tanda |
Membuat ide | Gagasan proyek sejalan dengan tema Tujuan Pembangunan Berkelanjutan | 25% |
Video tersebut dengan jelas menunjukkan orisinalitas ide | ||
Video mengatasi masalah dengan baik | ||
Ide-idenya masuk akal dan dipikirkan dengan baik | ||
Isi | Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik | 20% |
Tujuan proyek sejalan dengan masalah di komunitas mereka | ||
Menyajikan argumen yang meyakinkan untuk mendukung solusi mereka | ||
Tunjukkan pemahaman yang jelas tentang informasi dengan materi pendukung yang orisinal, logis, dan relevan | ||
Gagasan diatur, dikembangkan, dan didukung dengan jelas untuk mencapai suatu tujuan | ||
Video memiliki pengantar, isi, dan kesimpulan yang jelas | ||
Kualitas dan Kreativitas | Pengajuan menggabungkan berbagai media dan elemen (video pendek, gambar, grafik, dll) | 10% |
Video dan gambar fokus dan berkualitas baik | ||
Video menarik dan menarik perhatian dengan baik. | ||
Kejelasan presentasi | Tunjukkan alur cerita yang jelas dan dipikirkan dengan baik | 20% |
Mendemonstrasikan perkembangan ide yang berkelanjutan danmemberi tahu presentasi lengkap yang mudah diikuti. | ||
Dampak terhadap Masyarakat | Dampak terhadap masyarakat didefinisikan dan dijelaskan dengan baik | 25% |
Metode di mana dampak tersebut akan dicapai dengan baik dan dijelaskan | ||
Gagasan melibatkan pengusulan kebijakan baru yang praktis/meningkatkan kebijakan yang ada sebagai solusi untuk masalah terkait |
Rubrik Penyampaian Laporan – Kategori Junior
Kriteria | Detail | Tanda |
Ringkasan | Ringkasan tersebut dengan jelas menguraikan tujuan proyek utama, masalah, situasi waktu nyata, dan solusi | 30% |
Kedalaman konten mencerminkan pemahaman menyeluruh tentang tujuan proyek. | ||
Pokok-pokok utama didukung dengan baik dengan fakta dan bukti angka yang relevan dan memadai. | ||
Memberikan penjelasan yang tepat tentang konsep kunci SDG yang selaras dengan konten video | ||
Strategi dan Diskusi | Pembahasan dan pengembangan ide yang sangat jelas, logis, matang, menyeluruh yang mendukung permasalahan yang diberikan. | 25% |
Setiap paragraf memiliki kalimat pendukung yang mendetail yang mengembangkan ide utama. | ||
Transisi yang sangat baik antar paragraf. | ||
Organisasi & Rekomendasi | Ini diatur dengan cara yang dipertimbangkan, relevan, dan mengarahkan pembaca secara logis dari temuan ke solusi yang direkomendasikan | 30% |
Kesimpulan relevan dan sesuai untuk masalah yang dibahas dalam dokumen | ||
Rekomendasi adalah saran yang berorientasi pada tindakan tertentu, berorientasi pada masalah yang diberikan. | ||
Kemampuan menulis | Struktur yang jelas yang memperkaya diskusi dan argumentasi | 15% |
Esai menampilkan penggunaan bahasa Inggris tertulis standar yang sangat baik | ||
Kosakata yang sangat tepat, dipilih dengan baik, tepat dan bervariasi |
Sesi pitching akan dinilai berdasarkan:
- Perkenalan
- Isi
- Tanggapan
- Profesionalisme dan Kerja Tim
TIDAK. | Kriteria | Tanda | Tingkat | ||
Muncul | Mengembangkan | Canggih | |||
1. | Perkenalan | 10% | 0 – 3 | 4 – 7 | 8 – 10 |
2. | Isi | 30% | 0 – 10 | 11 – 20 | 21 – 30 |
3. | Tanggapan | 50% | 0 – 20 | 21 – 40 | 41 – 50 |
4. | Profesionalisme dan Kerja Tim | 10% | 0 – 3 | 4 – 7 | 8 – 10 |
Kriteria | Detail | Tanda |
Perkenalan | Anggota tim memberikan pengantar proyek yang jelas dan ringkas | 10% |
Pendahuluan menarik perhatian audiens dan dengan jelas menyatakan peran spesifik dari setiap anggota tim. | ||
Isi | Pitch tersebut cukup merangkum isi dari tayangan video tersebut. | 30% |
Tim dengan jelas menangani masalah yang mereka selesaikan | ||
Tim memiliki pendekatan yang jelas tentang bagaimana mempertahankan ide tersebut | ||
Tujuannya dijelaskan dengan jelas dan realistis. | ||
Materi pendukung adalah asli, logis dan relevan. | ||
Berikan bukti dari masalah yang mereka pecahkan melalui fakta dan statistik | ||
Memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan yang jelas | ||
Tanggapan | Para anggota mampu menjawab pertanyaan secara memuaskan dengan penuh percaya diri, ketepatan dan penggunaan bahasa yang tepat. | 50% |
Anggota tim menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan kelas dengan penjelasan dan elaborasi. | ||
Jawaban menjawab dan mengintegrasikan SDGs dengan baik | ||
Menunjukkan pemikiran konseptual dan kritis yang jelas | ||
Profesionalisme dan Kerja Tim | Anggota tim mengambilbelokan untuk berbicara, menjaga kontak mata yang baik, dan berbicara dengan nada yang dapat didengar. | 10% |
Setiap anggota tim memahami semua aspek topik terlepas dari peran atau kontribusi yang disebutkan dalam pendahuluan. | ||
Setiap anggota tim memiliki pemahaman yang jelas tentang informasi dan memahami dengan baik tujuan utama proyek. |
Laporan keuangan
Perkiraan Biaya
Hadiah untuk Nasional (Kategori Senior)
|
|
Barang | Biaya (Rp) |
Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat | 8.000.000 |
Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat | 4.000.000 |
Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat
|
2.000.000 |
(A1) Jumlah | 14.000.000 |
Hadiah untuk Nasional (Kategori Junior)
|
|
Barang | Biaya (Rp) |
Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat
|
6.000.000 |
Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat
|
3.000.000 |
Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat
|
1.500.000 |
(A2) Jumlah |
10.500.000
|
Hadiah untuk Regional (Kategori Senior)
|
|
Barang | Biaya (Rp) |
Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat
|
15.000.000 |
Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat
|
10.000.000 |
Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat
|
5.000.000 |
(B1) Jumlah | 30.000.000 |
Hadiah untuk Regional (Kategori Junior)
|
|
Barang | Biaya (Rp) |
Hadiah Pertama = uang tunai + e-sertifikat
|
10.000.000 |
Hadiah Kedua = uang tunai + e-sertifikat
|
6.000.000 |
Hadiah Ketiga = uang tunai + e-sertifikat
|
3.000.000 |
(B2) Jumlah | 19.000.000 |
Teknologi dan Logistik
|
|
Barang | Biaya (Rp) |
Stream yard Langganan Dasar ● Untuk acara launching ● Langganan dilakukan 2 bulan sebelum peluncuran untuk pengoptimalan dan uji coba |
300.000 x 3 bulan |
Kampanye Digitals Ads (Rp 150.000/bulan)
● Biaya dapat berubah tergantung pada lalu lintas ● Perkiraan biaya disediakan untukrata-ratalalu lintas ● Dari Juni 2023 – Desember 2023 |
150.000 x 7 bulan |
(B3) Jumlah | 1.950.000 |
Pembayaran dan Honorarium –
|
|
Barang | Biaya (Rp) |
Pembayaran untuk Pembicara / Host Lokakarya Rp 3.750.000 X 3 Speaker
|
11.250.000 |
(B4) Jumlah | 11.250.000 |
Total untuk Warga Negara (A1 + A2 + B3) | 26.450.000 |
Total untuk Regional (B1 + B2 + B4) | 60.250.000 |
Total Keseluruhan (A1 + A2 + B1 + B2 + B3 + B4) | 86.700.000 |
Sumber Pendapatan
Sponsor dan Kemitraan*
|
|
Barang | Biaya (Rp) |
Paket berlian
|
30.000.000 |
Paket emas
|
25.000.000 |
Paket platina
|
15.000.000 |
Tuan Rumah Bersama
|
5.000.000 |
*Perkiraan pendapatan berfungsi sebagai referensi untuk menutup biaya kompetisi tingkat regional. Setiap negara peserta bertanggung jawab untuk mengamankan pendapatan mereka sendiri untuk kompetisi tingkat nasional mereka.
Paket Sponsor
PLATINUM | EMAS | BERLIAN |
Rp 15.000.000 | Rp 25.000.000 | Rp30.000.000 |
MANFAAT | RINCIAN | Perak | EMAS | BERLIAN |
Materi Promosi | Logo sponsor ditambahkan ke semua promosi digital termasuk poster, brosur, spanduk, dll.
Materi akan dibagikan di media sosial (gabungan sekitar 95k pengikut), |
|||
Video promosi | Disebutkan secara khusus dalam video promosi acara. | |||
Perhatian Khusus oleh Tuan Rumah | Disebutkan secara khusus oleh tuan rumah kami di acara tersebut dan pengakuan sponsor selama sambutan pembukaan. |
|
|
|
Situs web Iklan |
Sponsor akan memiliki kolom editorial khusus dengan logo dan tautan langsung ke situs web perusahaan (situs web Unitar menerima hingga 7k pengunjung setiap bulan) | |||
Nama/Logo pada Sertifikat | Nama dan logo sponsor pada sertifikat peringatan. | |||
Iklan yang Dipersonalisasi
|
Logo sponsor akan dimasukkan dalam ledakan email ke lembaga pendidikan di seluruh Malaysia dan universitas mitra Inggris kami (buletin). | |||
Nama Acara Merek |
Nama sponsor akan diberi tag bersama dengan nama acara (Misalnya: Diberdayakan oleh nama Sponsor). | |||
Tampilan Video Sponsor | Putar video iklan perusahaan Anda selama istirahat dan di antara sesi. | |||
Liputan & Eksposur Media | Pengakuan atau penyebutan nama sponsor dan profil perusahaan dalam siaran pers, selama wawancara media dan dalam artikel media khusus. |
Sponsor Non-moneter
Terlepas dari paket sponsor utama, A-FSL juga menerima sponsor non-moneter pada aspek tertentu dari acara tersebut. Manfaat bagi sponsor akan bergantung pada nilai yang disepakati dari sponsor tersebut. Beberapa contoh sponsor non-moneter adalah sebagai berikut:
SPONSOR | RINCIAN | KEUNTUNGAN |
Sponsor Liputan Media
|
Sponsoryang dapat memberikan bantuan keuangan dalam mengamankan liputan media untuk acara ini.
Misalnya, sponsor media mungkin membayar iklan di koran lokal atau menutupi biaya syuting iklan TV. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin memiliki saluran/koran sendiri yang dapat menerbitkan artikel/postingan blog atau berita yang relevan tentang acara ini.
|
Ø Pengakuan sebagai Sponsor Liputan Media dengan logo perusahaan dan tautan selama acara berlangsung.
Ø Nama sponsor pada piagam penghargaan-piala/plakat/sertifikat.
Ø Sponsor akan memiliki kolom editorial khusus, dan logo, yang akan mengarahkan ke website perusahaan.
Ø Video sponsor akan ditampilkan selama upacara penghargaan untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan.
Ø Disebutkan secara khusus oleh tuan rumah kami di acara tersebut.
|
Sponsor Teknologi
|
Sponsoryang dapat memberikan bantuan keuangan atau platform untuk melakukan streaming acara secara online. Misalnya; berlangganan Zoom United, Award Force, dan sebagainya. | |
Pertunjukan budayaSponsor
|
Sponsor yang memiliki kelompok/seniman tari. Mampu menawarkan dukungan/jasa mereka dalam bentuk berbagai pertunjukan budaya. |
Manfaat Co-host
Co-hosting dapat dimulai dengan memberikan dukungan finansial sebesar Rp 5 juta untuk acara ini.
- Keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional
- Peluang untuk bekerja dengan universitas co-host lainnya
- Penempatan logo pada spanduk acara, situs web, dan materi lain yang diproduksi khusus untuk acara tersebut
- Kesempatan untuk terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan A-FSL 2023
- Jaringan dan kerjasama dengan AAEW dan Universitas di kawasan ASEAN.
Kontribusi co-host dapat ditransfer melalui akun virtual di bawah ini:
BNI Virtual Account Maksi FEB UNPAD Penerimaan Keg PKM Maksi FEB
Kode pembayaran: 9882340512100003
Silakan kirimkan bukti pembayaran Anda ke https://bit.ly/Co-Host-AFSL-2023 atau pindai kode qr:
Pemasaran dan Komunikasi
Situs web
(Situs web AAEW)
Situs web sangat penting untuk organisasi mana pun. Ini dapat digunakan untuk mencapai banyak strategi pemasaran yang berbeda untuk membantu acara tersebut berkembang. Jangkauan luas seperti itu lebih baik daripada segala bentuk periklanan; memusatkan informasi dan menciptakan kehadiran online.
A-FSL 2023 akan menggunakan website International AAEW, http://aaef.feb.unpad.ac.id/, untuk mempublikasikan seluruh informasi acara tersebut. Situs web menerima volume lalu lintas yang baik setiap hari; jenis promosi ini akan membantu meningkatkan acara untuk menjangkau nasional maupun dunia.
Media sosial
Tim akan menggunakan dua jenis halaman media sosial untuk acara tersebut:
- Instagram
- Selain membuat halaman Instagram baru, tim akan memanfaatkan halaman Instagram yang ada untuk setiap host. Dengan lebih dari 2.000 pengikut, lebih mudah untuk berinteraksi dengan kumpulan pasar potensial saat ini dan fokus untuk mengembangkannya.
- Kampanye sosial juga akan diselenggarakan oleh tim untuk meningkatkan jangkauan acara. Menggunakan tagar khusus seperti #AFSL2023 atau #AFSLiscool akan menciptakan lebih banyak perhatian terhadap acara tersebut, sehingga menciptakan lebih banyak percakapan.
- Halaman Facebook
- Tim akan menggunakan halaman Facebook yang ada untuk setiap host. Dengan lebih dari 93.000 pengikut, lebih mudah untuk berinteraksi
- Halaman ini akan digunakan untuk memusatkan semua informasi penting. Undangan acara akan dibuat untuk tanggal-tanggal penting.
Pemasaran Digital
Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019, rata-rata pengguna internet memiliki setidaknya 7 akun media sosial. Ini menunjukkan pentingnya media sosial dalam menghubungkan orang. Dengan menggunakan iklan media digital, akun media sosial kita akan diiklankan kepada kelompok orang yang tepat.
Iklan Facebook harus digunakan karena kemampuan jangkauannya yang tinggi. Fungsi ini memungkinkan kami menjangkau sekumpulan pengguna Facebook tertentu untuk mengiklankan acara tersebut. Selain itu, hemat biaya juga.
Ledakan Email
Terlepas dari serbuan media sosial, pemasaran email tetap penting. Selain hemat biaya dan lebih mudah menjangkau lebih banyak orang potensial, email dapat disesuaikan dan dipersonalisasi, menjadikannya alat pemasaran yang sangat kuat.
Oleh karena itu, untuk event ini, tim akan menyiapkan email resmi. Email ini akan digunakan untuk menyampaikan informasi ke jaringan khusus kami. Alamat email yang sama juga akan digunakan untuk mengatur halaman media sosial.
Saran alamat email resmi:afslcompetitionid@gmail.com
Kesimpulan
A-FSL 2023 adalah tonggak kolaborasi untuk universitas dan sekolah di seluruh negara ASEAN untuk menyediakan lingkungan belajar online yang berdampak bagi para siswa. Pelaksanaan kompetisi ini juga akan berfungsi sebagai kerangka kerja untuk proyek-proyek ASEAN di masa depan. Secara keseluruhan, A-FSL akan membantu menghasilkan generasi pemimpin berikutnya dengan keterampilan dan pengalaman untuk mulai menghasilkan solusi kreatif untuk masalah dunia nyata